Apa sih Psikologi ?


              Hallo temen-temen, kita disini mau ngeshare tentang ilmu psikologi yang sudah kita dapatkan nih. Ilmu psikologi itu ga selalu buat para psikolog ataupun mahasiswa psikologi aja ko, temen-temen diluar sana pun bisa baca dan paham tentang materi-materi yang dipelajari di ilmu psikologi loh.. Oleh karna itu, yuk kita baca apa sih yang dimaksud dengan psikologi..?
              
                Arti psikologi secara harfiah itu terbagi menjadi dua suku kata latin yaitu psyche dan logos. Psyche yang berarti jiwa sedangkan logos yang berarti ilmu. Jadi, Psychology atau Psikologi adalah ilmu yang mempelajari jiwa. Terdapat beberapa tokoh yang mengemukakan definisi mengenai psikologi, diantaranya :
   1.    Atkinson, psikologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku dan proses mental.
   2.    Santrock, psikologi adalah studi ilmiah tentang tingkah laku dan proses mental
   3.    Lahey, psikologi adalah ilmu tentang tingkah laku dan proses mental.
Dari ketiga para ahli diatas kita mendapatkan 3 kata kunci untuk mengingat psikologi yaitu ilmu, tingkah laku, dan proses mental. Jadi psikologi itu mencakup adanya sebuah ilmu dimana kita dapat mengumpulkan pengetahuan-pengetahuan yang kita peroleh melalui pengamatan. Selanjutnya terdapat pula tingkah laku, apa yang dimaksud dengan tingkah laku ? ketika kita sudah mendapatkan pengetahuan atau ilmu yang sudah dipelajari maka kita dapat mengobservasi perilaku yang ditampilkan secara langsung oleh subjek (seseorang). Kemudian yang terakhir terdapat proses mental, dalam psikologi pun mempelajari pemikiran, perasaan, serta motif atau dorongan mengapa subjek (seseorang) dapat berprilaku tententu.
Jadi mulai sekarang teman-teman sudah tahu ya apa itu psikologi, yaitu ilmu yang mempelajari mengenai tingkah laku dan proses mental. Nah, mulai saat ini juga temen-temen jangan nyangka psikologi itu adalah ilmu meramal lagi yaa...





             Sementara itu temen-temen penasaran juga dong gimana sih perkembangan ilmu psikologi dari masa ke masa yang pada akhirnya psikologi menjadi ilmu mandiri..? sedikit nih kami ulas tentang sejarahnya. Perkembangan psikologi hingga menjadi ilmu pengetahuan seperti saat ini tentunya mengalami perjalanan yang cukup panjang dan membutuhkan waktu yang cukup lama serta seiring dengan adanya perubahan peradaban manusia. Pada zaman dahulu terdapat mitos-mitos yang mencoba untuk membuat penjelasan berkaitan dengan fenomena yang ada, namun seiring berkembangnya pengetahuan filsafat, maka muncul prinsip-prinsip dan pengetahuan investigasi secara rasional. Pada abad 17M dan 18M filsafat lebih memfokuskan pada nilai-nilai yang empiris, dan selajutnya psikologi mencari jawaban atas berbagai pertanyaan yang telah dipikirkan manusia sejak ribuan tahun yang lalu.
Nah belum sampai disitu sejarahnya, perlu temen-temen ketahui ilmu pengetahuan alam pun sangat mempengaruhi perkembangan psikologi sendiri. Psikologi mulai berkembang sangat cepat ditandai dengan menonjolnya ilmu pengetahuan terhadap psikologi pada saat masa sebelum abad ke-20. Pengaruh yang dimunculkan dapat terlihat pada metode penyelidikan maupun materi pandangannya.
Setelah itu barulah psikologi berdiri sendiri menjadi ilmu psikologi. Pertama kali psikologi di lepaskan dari filsafat dan ilmu pengetahuan alam oleh Wilhelm Wundt. 
Gambar Wilhelm Wundt

Perlu teman-teman ketahui Wilhelm Wundt ini merupakan seorang pendiri psikologi modern loh.. ditandai juga dengan membangun sebuah Laboraturium Psikologi pertama di Universitas Leipzig pada tahun 1879. Nah dilaboratorium tersebut untuk pertama kalinya juga, beliau dengan muridnya melakukan eksperimen pertamanya yakni untuk mengukur perilaku manusia melalui pengukuran fisiologis (memahami cara kerja otak), dan hasil dari eksperimen tersebut ternyata proses mental dapat diukur secara kuantitatif. Eksperimen yang dilakukan mereka adalah mengukur rentang waktu antara saat orang mendengar suara dan saat ia menekan kunci telegraf.
                       
Gambar Wilhelm W. bersama murid di Laboratorium Psikologi
              Terimakasih sudah membaca dan untuk kali ini kita bahas apa itu psikologi dan sejarahnya dulu ya teman-teman.. semoga informasi yang kita kasih dapat dimengerti dan bermanfaat. Tetap tunggu postingan kita selanjutnya dan jangan sampai tertinggal !.. See yaa

Sumber : B. R. HergenhahnAn Introduction to the Hystory of Psychology

Komentar

  1. Balasan
    1. iya kaka hana, terimakasih sdh membaca semoga bermanfaat yaa;))

      Hapus
    2. bermanfaat niih , syukron yaaah 😊

      Hapus
    3. alhamdulillah, terimakasih rahfa :)

      Hapus
  2. Jadi pada tahun berapa kah dan di univ manakah psikologi masuk ke tanah indonesia?

    BalasHapus

Posting Komentar