Persepsi ? Kalian Mesti tau!

Hallo teman-teman balik lagi nih sama kita-kita hehe, gimana nih sudah baca belum materi yang kita share kemarin ? ituloh yang tentang Psikologi : Sebenernya sensasi itu apa sih? dan Atensi itu apa sih menurut ilmu psikologi? .. kalo memang sudah pastinya paham dongg yaa mengenai materi tersebut hehe.. nah biar lebih komplit lagi pemahaman kita tentang fungsi-fungsi psikologi, sekarang kita mau kasih tau tentang persepsi.. ga asingkan dengan kata-kata persepsi, kita yakin banget ko kalian pasti sering mengungkapkan kata “persepsi” ini di kehidupan sehari-hari. Namun kita coba cari tahu lebih dalam yukk apa sih persepsi itu ?

Oke yuk kita langsung bahas ajaa



PERSEPSI

Persepsi adalah suatu proses mengorganisasi dan menginterpretasi informasi sensoris kemudian memberikan makna. Atau dapat didefinisikan sebagai suatu proses individu mengorganisasi, memahami, memandang dan memberikan arti pada lingkungan. Jadi, ketika kita melihat suatu benda lalu yang terlebih dahulu kita lakukan adalah proses sensasi kemudian diberikan atensi pada cahay yang dipantulkan suatu benda tersebut.. nah setelah itu kita baru memberikan persepsi (pemaknaan) pada suatu cahaya benda tersebut, contoh kita lihat pantulan cahaya suatu benda A lalu kita terima informasi cahaya tersebut kemudian barulah kita persepsikan bahwa cahaya pantulan benda A tersebut adalah sebuah Handphone, Handphone tersebut merupakan suatu alat komunikasi.

Nahh.. seperti itulah persepsi jadi proses dimana kita memberikan pemaknaan terhadap sesuatu. Tapi kenapa bisa seperti itu ya ? tentunya pasti ada prosesnyalah yaa, nah proses tersebut ternyata terdapat 2 jenis yang disebut juga proses sensasi-persepsi, yuk kita bahas satu-satu :
1.    Bottom-up processing
Dimulai dari masuknya stimulus (suatu informasi), lalu diterima oleh reseptor sensoris kemudian memasukkan dan mengirim informasi tersebut ke otak untuk dianalisa dan diinterpretasi. Contohnya ketika kita main puzzle, terlebih dahulu kita akan melihat potongan puzzle tersebut dan bayangan potongannya akan diterima oleh retina kita kemudian memasukkan bayangan potongan tersebut kedalam otak kita dan kalian akan mengartikannya “jika potongan 1 dengan potongan 2 disatukan maka akan menjadi suatu gambar yang utuh”.
2.    Top-down processing
Dimulai dari proses kognitif di tingkat yang lebih tinggi di otak (pengetahuan, keyakinan, harapan). Contohnya ketika kita main puzzle namun kita sebelumnya sudah melihat sebuah gambar utuh dari permainan puzzle tersebut, secara otomaits kita akan mengolah terlebih dahulu gambar tersebut di otak kemudian barulah kita menyusun puzzle-puzzle tersebut.

Nah sesudah kita ketahui definisi persepsi tersebut beserta prosesnya seperti apa.., ternyata terdapat 5 fungsi dalam proses persepsi yang dilansir oleh Atkinson & Hillgard (2003), yakni :
  1. Menentukan bagian mana dari lingkungan sensoris yang diberi perhatian (ATENSI)
  2. Menentukan letak objek (LOKALISASI)
  3. Menentukan apa objek tersebut (PENGENALAN)
  4. Mengabstraksi informasi penting dari objek (ABSTRAKSI)
  5. Menjaga kekonstanan objek (KONSTANSI)

Gimana temen-temen apakah sudah paham mengenai persepsi ? Semoga dapat membantu dalam menambah wawasan kalian ya hihi. Terimakasih selalu membaca postingan kita dan tetap tunggu materi selanjutnya.. See yaa !


Buku sumber : King, Laura. A. (2010). Psikologi Umum, Sebuah Pandangan Apresiatif Buku 1. Mc-Graw-Hill: Amerika.

Komentar