Psikologi: sebenernya sensasi itu apa sih?



Hallo guys, gimana nih.. udah taukan psikologi itu ilmu yang mempelajari apa? Kalau belum tau silahkan dibaca apa sih psikologi ?. Nah dipostingan kali ini, kita bakal ngenalin, sebenernya apa sih yang melatarbelakangi tingkah laku atau perilaku kita itu dimunculkan? 

Okey sebagai informasi, didalam diri kita itu terdapat proses mental yang melibatkan sensasi, persepsi, atensi, emosi, motivasi, learning dan memory. Dimana semua proses ini saling berhubungan dan saling mempengaruhi antara yang satu dengan yang lainnya.


Untuk lebih jelasnya kita bahas yuk satu persatu!

S E N S A S I

 

Banyak orang yang bingung ketika diberikan pertanyaan “sensasi itu apa sih?”.. dan sebagian dari mereka ada yang menjawab bahwa sensasi itu adalah rasa yang timbul ketika kita melakukan sesuatu atau suatu kejadian yang menurut kita menarik perhatian itulah yang disebut dengan sensasi. Memang tidak ada yang salah dari apa yang telah disampaikan, namun jika diungkapkan secara teori sensasi itu adalah suatu proses yang melibatkan alat indera dalam menerima suatu rangsangan (stimulus) oleh reseptor yang diteruskan ke otak untuk diproses (Kowalski & Watsen, 2005)

Alat indra serta reseptor sensory

Secara sederhananya sensasi itu adalah proses yang melibatkan alat indera kita seperti indera pendengaran, penglihatan, peraba, pengecap dan penciuman. Selain itu, sensasi pasti melibatkan dua unsur yaitu stimulus dan reseptor, contohnya pada indera penglihatan stimulus yang ditangkap oleh retina berupa cahaya atau pada indera pendengaran stimulus yang ditangkap oleh membrane basiler berupa getaran, sehingga pada proses sensasi ini tidak diiringi dengan pemberian makna dan hanya sebatas menangkap stimulus-stimulus seperti cahaya, getaran, gelombang dan aroma.

Jadi sebenernya sensasi itu prosesnya gimana sih?


Proses dari sensasi itu sendiri cukup sederhana, yaitu:
Stimulus -> diberikan atensi (perhatian) -> ditangkap reseptor (sel yang ada disetiap alat indera yang sifatnya spesifik dan memiliki jalur yang berbeda-beda)-> disalurkan ke saraf sensori dan terjadi transduksi (perubahan energi fisik menjadi energi elektorkimia) -> diproses diotak

Naah selanjutnya ada nih suatu bidang ilmu yang mempelajari kaitan antara property fisik dari stimulus  dan bagaimana setiap orang mengalaminya, ilmu ini disebut sebagai ilmu Psychopsysic. Jadi pada bagian ini kita bisa tau, seberapa jauh sih jarak kita sama alat pembuat kopi sampai kita masih bisa mencium aroma kopinya?. Di psikofisis ini terdapat 3 ambang atau jumlah stimulus minimal, yaitu:

1.       Ambang batas mutlak (absolute threshold) yaitu jumlah stimulus minimal yang dapat dideteksi oleh kita. Contohnya, kita ternyata masih bisa mendengar dentingan jarum jam dari jarak 20 kaki, selain itu kita masih bisa melihat cahaya lilin meskipun kita berada pada jarak 30 mil loh. You must try it! Tapi hal ini juga dipengaruhi oleh keadaan lingkungan kita saat melakukan percobaan tersebut.
2.       Ambang batas pembeda (difference threshold) yaitu jumlah stimulus minimal yang dapat mendeteksi perbedaan. Pernah gak sih kalian lagi nonton tv dengan volume yang keras dan tiba-tiba seseorang mengecilkan volume tv kamu dan kamu menyadari jika volume tv itu mengecil? Hal tersebut adalah contoh dari difference threshold. Pada bagian ini terdapat suatu hukum yaitu hukum Weber yang menyatakan bahwa “dua stimulus tersebut harus berbeda dalam proporsisi yang konstan”. Yang dimaksud konstan disini adalah dapat terlihat perbedaannya, contoh kita menaruh 60 lilin dan kita menambahkan 1 lilin maka akan terlihat perbedaan terangnya. Dan ketika kita menaruh 120 lilin maka lilin yang ditambahkan harus 2.
3.       Ambang subliminal (persepsi subliminal) yaitu sensasi yang berada dibawah ambang batas absolut tanpa kita sadari. Contohnya, kita berada diruangan ber-AC dengan suhu yang rendah dan kita merasa kedinginan, tapi lama-kelamaan kita tidak akan merasa kedinginan lagi. Kalian pernah kan mengalami hal tersebut? 

Gimana nih, sekarang udah tau dong sensasi itu sebenarnya seperti apa? Gimana prosesnya? Semoga postingan kali ini bermakna yang untuk kalian yah hihi. Have a nice day readers!



Buku sumber : King, Laura. A. (2010). Psikologi Umum, Sebuah Pandangan Apresiatif Buku 1. Mc-Graw-Hill: Amerika.
 

Komentar

  1. sensasi berasal dari kata “sense” dalam bahasa Inggris yang berarti alat penginderaan, yang menghubungkan organisasi dengan lingkungannya. Jadi sensasi adalah tahap awal penerimaan informasi dari lingkungan luar yang berupa stimulus dan dapat di terima oleh panca indra sehingga menjadi informasi sensasi judi online

    BalasHapus

Posting Komentar