Kenali dulu, sebelum memberikan penilaian!



Hey guys, disini kita mau tau gimana sih pandangan kalian ketika melihat fenomena yang kurang masuk akal terjadi dihadapan kalian? Atau gimana sih respon kalian ketika kalian melihat ada hal  yang menurut kalian itu aneh dan ga seharusnya seperti itu?

Disini kita telah melakukan survei dengan menanyai beberapa orang untuk mengetahui bagaimana pandangan atau pendapat mereka mengenai kejadian yang baru-baru ini ditayangkan oleh salah satu stasiun tv. Dimana seorang remaja laki-laki berusia kurang lebih 16 tahun yang menikahi seorang perempuan yang sudah terbilang sangat tua (seorang nenek berusia kurang lebih 70 tahun) dan "sangat menghebohkan". Menurut sumber informasi, laki-laki yang menikahi perempuan tua ini memiliki sifat overprotective pada sang istri sehingga ia seringkali mengunci rumahnya ketika ia pergi dan meninggalkan isterinya didalam rumah, dan ketika ia pulang ia pun memeriksa apakah ada bau laki-laki yang datang atau tidak kedalam rumahnya. Kemudian kita menanyakan bagaimana pandangan responden terhadap kejadian tersebut.

Jawaban yang mereka berikan pun beragam, kita akan jelaskan pandangan mereka sebelum kita memberikan pandangan pada hal tersebut.

Sebagian dari mereka ada yang acuh tak acuh, tanggapan mereka seperti “mungkin emang itu jodohnya”. Jadi mereka memilih untuk tidak memberikan komentar yang lebih mengenai kejadian tersebut dan tidak menaruh rasa ingin tahu yang dalam. Selain itu ada juga sebagian dari mereka beranggapan bahwa “pasti ada positive dan negativenya, positivenya hal itu dapat membuktikan bahwa jodoh sudah ada yang mengatur sedangkan negativenya dari segi keturunan kemungkinannya kecil”.

Dan sebagian dari mereka pun ada yang bertanggapan bahwa “ga wajar sih kalau menurut aku, kenapa anak muda mau nikahin nenek-nenek, kaya yang ga ada lagi aja perempuan”. Sebenarnya banyak tanggapan yang diberikan oleh orang-orang disekitar kita mengenai hal tersebut. Ada yang memandang hal tersebut dengan pandangan yang positive maupun negative. Semua pendapat yang dikemukakan oleh mereka tidak ada yang salah, karena hal itu kembali pada bagaimana cara mereka memandang suatu kejadian.

Menurut kita, sebenernya sih balik lagi ke postingan sebelumnya yaitu psikologi: sebenernya sensasi itu apa sih?, atensi itu apa sih menurut psikologi? dan persepsi? kalian mesti tau!. Kenapa balik lagi kesana? Karena sebelumnya kita sudah memberitahu bahwa manusia bertingkah laku itu ditentukan oleh proses mental yang ada didalam dirinya, salah tiganya adalah sensasi, atensi dan persepsi.

Sederhananya, seseorang bertingkah laku atau memutuskan sesuatu didalam kehidupannya itu pasti ada penyebabnya. Sekarang coba kita lihat dari latar belakang kehidupannya, dia hidup ditempat yang seperti apa? Apakah hidup diperkotaan atau disuatu daerah tertentu?. Karena lingkungan tempat dimana seseorang itu tinggal akan menentukan bagaimana ia berpikir dan memandang kehidupan. Setelah itu sekarang kita bayangkan apakah pengetahuan yang mereka miliki itu sama dengan pengetahuan yang kita miliki ataukah sebaliknya?. Dari pengetahuan yang mereka miliki tersebut akan menentukan bagaimana cara ia mempersepsikan sesuatu. 

Seperti yang sudah dijelaskan pada postingan sebelumnya, maka seseorang akan bertingkah laku sesuai dengan stimulus atau informasi apa yang ia berikan atensi, kemudian dia akan mengkaitkannya dengan pengetahuan yang dia punya yang pada akhirnya ia membentuk suatu persepsi mengenai kejadian tersebut dan memberikan respon pada kejadian itu. Hal itu yang terjadi pada remaja laki-laki tersebut.

Disini kita hanya ingin menyampaikan bahwa didalam suatu kejadian pasti ada penyebab dari segalanya, jangan pernah memberikan penilaian pada suatu hal atau seseorang tanpa tahu apa yang sebenarnya sudah mereka lalui sebelumnya dan bagaimana keadaan hidupnya sekarang. Karena bisa jadi kehidupan orang lain berbeda dengan kehidupan kita. 

Dan pada dasarnya seseorang memutuskan akan melakukan sesuatu dipengaruhi oleh masa lalu yang sudah ia lewati dan keadaannya di masa sekarang yang sedang ia jalani, karena dua masa tersebut yang menentukan bagaimana seseorang berpikir dan  pengetahuan seperti apa yang mereka dapatkan. Jadi mulai sekarang, kita kurang-kurangi menilai orang tanpa tahu apa yang melatar belakanginya yaah!

Terimakasih sudah membaca postingan mengenai opini kitaa, see youu!

Komentar